BARANG YANG TIDAK BOLEH DIKIRIM


Alkohol / Minuman Keras

Senjata Api

Material Perjudian / Pornografi

Uang / Benda Berharga

Bahan Peledak

Bahan Kimia

Bahan Radioaktif

Obat-obatan Terlarang

Bahan / Barang Berbahaya Lain"

Makanan Cepat Basi
SYARAT & KETENTUAN

  1. Pengirim wajib memberikan pernyataan yang benar mengenai isi paket. Pihak INDOPAKET beserta seluruh karyawan-karyawannya tidak bertanggung jawab apabila barang yang dinyatakan berbeda dengan isi di dalam paket jika sewaktu-waktu terjadi masalah dalam pengiriman.
  2. Terkait pengiriman paket:
    1. Pengirim tidak diperbolehkan mengirimkan paket yang berisikan barang-barang berbahaya dan terlarang seperti narkotika, senjata, amunisi, barang yang mudah meledak, barang yang beradiasi tinggi, bahan kimia, bubuk, uang, cek, cairan yang tidak jelas dan barang-barang lainnya yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan umum sesuai dengan UU No. 35 tahun 2009 pasal 115, 120, UU No. 1 tahun 2009 pasal 136 ayat (1) (3) serta pasal 138 tentang penerbangan. Pihak INDOPAKET tidak bertanggung jawab atas pengiriman barang yang termasuk dalam kategori di atas.
    2. Pengirim tidak diperbolehkan mengirimkan paket berupa makanan basah/kering yang mudah rusak/basi, hewan, maupun tumbuhan.
  3. Perhitungan yang didasarkan pada ukuran besar barang dilakukan dengan rumus : Nilai berat yang dibebankan kepada pengirim adalah jumlah berat terbesar antara berat aktual dengan berat dimensi untuk biaya jasa pengiriman.
  4. Pengirim wajib menggunakan kemasan yang baik dan aman untuk menghindari barang rusak seperti pecah, sobek, bocor atau patah sesuai dengan isi barang yang dinyatakan sebelum mengirimkan barang. Untuk paket yang membutuhkan penanganan khusus seperti barang pecah belah atau elektronik, pengirim wajib memberikan label keterangan di samping AWB atau di permukaan barang agar dapat dikondisikan penanganannya di lapangan.
  5. Pihak INDOPAKET berhak membuka dan mengecek isi paket dengan tetap menjaga kerahasiaan, keamanan dan keselamatan kiriman jika paket tersebut mengalami masalah di saat sebelum melakukan pengiriman ataupun di saat proses pengiriman.
  6. Pengirim wajib mengisi dengan lengkap dan jelas identitas penerima. Jika barang tersebut sudah 5 hari tidak diambil penerima sejak paket sampai di tempat pengambilan (Toko Indomaret), maka paket tersebut akan diretur kembali ke pengirim dan jika paket tersebut tidak diambil selama 1 minggu sejak paket tersebut dinyatakan retur, maka paket tersebut bukan tanggung jawab tim INDOPAKET jika terjadi kerusakan/kehilangan.
  7. Pihak INDOPAKET beserta karyawan-karyawannya dibebaskan dari tanggung jawab / ganti rugi pengiriman dalam hal :
    • Kesalahan dari pengirim dan penerima.(Contoh : Identitas tidak jelas, barang berbahaya, isi tidak sesuai)
    • Bencana alam (force majeure)
  8. Terkait retur:
    1. Pihak INDOPAKET tidak akan melakukan refund atas pengiriman barang yang tidak jadi diteruskan ke penerima.
    2. Pengirim akan dikenakan biaya atas retur barang tersebut ke alamat asal pengirim.
    3. Barang akan diretur setelah 5 hari sejak barang sampai ke toko tujuan. 
  9. Pengirim yang menyutujui untuk memakai asuransi yang ditunjuk oleh INDOPAKET, dapat melakukan klaim apabila barang/paket hilang akibat kelalaian dari pihak INDOPAKET. Maksimal penggantian Rp. 10.000.000,- atau 10x harga ongkir dengan maksimal Rp. 1.000.000,- (mana yang lebih rendah) dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    1. Jenis barang sesuai dengan yang tertera pada AWB
    2. Untuk barang pecah belah/elektronik wajib ada label keterangan penanganan barang
  10. Syarat dan ketentuan yang tertera merupakan perjanjian yang sah antara pihak pengirim dan pihak INDOPAKET apabila pengirim telah menyetujuinya.
  11. Apabila ada permasalahan yang melibatkan pengguna jasa dan penyedia jasa maka akan diselesaikan dengan musyawarah terlebih dahulu untuk mencapai kesepakatan bersama. Jika masih belum mencapai kesepakatan, maka dapat diteruskan ke tingkat pengadilan untuk diselesaikan.